Prakiezta - Kura kura terbesar dan tertua di Dunia sebagian besar dilindungi oleh pemerintah setempat karena kura-kura dikategorikan sebagai hewan langka yang hampir punah, hewan dengan berbagai macam jenis ini merupakan salah satu hewan reptil yang memiliki rumah di punggungnya sebagai tempat untuk melindungi diri.

Kura kura juga termasuk hewan purba yang masih bertahan saat ini, kura-kura sudah ada di bumi sejak 200 juta tahun yang lalu. Beberapa spesies kura-kura mampu bertahan 100 tahun. sebagian pemerintah menetapkan aturan ketat atas perlindungan hewan ini, karena populasinya yang semakin menurun dan kondisi cuaca yang semakin tidak baik. Ukuran dari tubuh kura-kura normal hanya memiliki panjang setengah meter dan dengan berat tidak lebih dari 100 kg, namun ada beberapa kura kura memiliki ukuran dan bentuk yang tidak lazim, berikut beberapa kumpulan kura kura terbesar dan tertua di dunia.

1. Galapagos

Galapagos merupakan salah satu kura kura terbesar yang masih hidup di dunia ini, kura kura ini diperkirakan hanya tersisa tidak lebih dari 20 ribu ekor saja, berat dari galapagos sungguh luar biasa yaitu mencapai 400 kg dengan panjang tubuh mencapai 1,8m. Kura kura ini dapat hidup lebih dari 100 tahun, dan yang tertua jenis ini dapat hidup hingga 170 tahun.

2. Aldabra Giant

Kura kura dengan warna hitam abu-abu ini juga merupakan salah satu kura kura terbesar di dunia, kura kura dengan jenis leher panjang ini dapat kita temukan di Aldabra Atol, di Pulau Seychelles dan sebagian berada di pulau lain, kura kura dapat tumbuh hingga lebih 1,5 meter dengan berat mencapai 250 kg untuk jantan, umur kura-kura ini rata-rata mencapai 80 tahun, namun akhir-akhir ini terdapat aldabra giant memiliki umur lebih dari 160 tahun.

3. Geochelone Sulcata

Centrochelys sulcata/ Geochelone Sulcata , juga disebut kura-kura sulcata, adalah spesies dari kura-kura, yang mendiami tepi selatan gurun Sahara, di bagian utara Afrika. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Centrochelys. Ukuran Sulcata mencapai 50 hingga 90 cm dengan berat mencapai satu kilogram.

4. Penyu Belimbing

Penyu belimbing merupakan salah satu kura kura terberat di dunia, jenis ini dapat memiliki berat hingga 600 kg ketika sudah dewasa, penyu belibing memiliki bahasa latin Dermochelys Coriacea biasa naik ke daratan selama 3-6 jam untuk bertelur, telur dari penyu ini dapat mencapai 60-120 butir.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top